Beasiswa Inspirasi Hantarkan CANDRA EGIYAWATI Mahasiswa Kurang Mampu dan Berprestasi Raih Gelar Sarjana Tekhnik Kimia

Home/Program Unggulan/Pendidikan/Beasiswa Inspirasi Hantarkan CANDRA EGIYAWATI Mahasiswa Kurang Mampu dan Berprestasi Raih Gelar Sarjana Tekhnik Kimia

Beasiswa Inspirasi Hantarkan CANDRA EGIYAWATI Mahasiswa Kurang Mampu dan Berprestasi Raih Gelar Sarjana Tekhnik Kimia

Candra Egiyawati atau biasa dipanggi Egi, salah satu alumni penerima beasiswa inspirasi yang merupakan program bantuan pendidikan dari Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) dan PT Insight Investments Management (INSIGHT) untuk lima mahasiswa jurusan Teknik Kimia ITB (Institut Tekhnologi Bandung) tahun akademik 2019-2020.

Egi merupakan mahasiswa asal Desa Trayu, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali. Terlahir bukan berasal dari keluarga berada, banyak halang rintang yang harus dilewati Egi untuk dapat menyelesaikan pendidikan (kuliah).

Pada semester akhir perkuliahan menjadi waktu yang sulit bagi Egi untuk bisa bertahan. Kondisi perekonomian keluarga yang sedang tidak stabil, namun ia juga harus melakukan penelitian Tugas Akhir untuk dapat menyelesaikan pendidikan S1 agar bisa membantu keluarganya. Terkadang ia kesulitan untuk memenuhi kebutuhan penelitian yang tidak sedikit seperti untuk biaya transportasi kebutuhan penelitian dan juga biaya untuk cetak berkas penelitian.

Namun, Egi tidak pernah putus asa dan selalu semangat untuk menyelesaikan kuliahnya. Dengan adanya beasiswa YIIM dan INSIGHT bekerjasama dengan IATKITB (Ikatan Alumni Teknik Kimia Institut Tekhnologi Bandung). Bantuan yang diberikan telah memberikan harapan kepada Egi untuk terus melanjutkan pendidikan dan menyelesaikan tugas akhinya.

Berkat bantuan beasiswa inspirasi, Egi berhasil menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S1) di tahun 2020.

Ia lulus dengan mengerjakan skripsinya yang berjudul “Pengembangan Fotokatalis Berbasis Biomassa untuk Pengolahan Air Limbah Tekstil”.

Setelah selesai pendidikan, Egi kerap diajak oleh dosen ITB untuk membantu proyek penelitian. Saat ini ia telah bekerja di PT. PRIMAFOOD INTERNATIONAL. Berkat kegigihan dan kerja kerasnya selama menempuh pendidikan, saat ini ia dapat membantu perekonomian keluarganya yang berada di kampung.

Selain berhasil dalam pendidikan, Egi juga memiliki jiwa sosial bagi sesama. Sejak tahun 2016 saat masih menjadi mahasiswa, ia aktif mengikuti kegiatan komunitas sosial gerakan pengembangan kota dan potensi masyarakat bernama Boyolali Bergerak.

Boyolali Bergerak merupakan gerakan insiasi pemuda Boyolali untuk membantu anak-anak yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan sekolah dan renovasi sekolah yang rusak melalui penggalangan dana seperti salah satunya dengan berjualan kaos. Hingga saat ini meski sibuk bekerja, Egi masih aktif di kegiatan sosial dan saat ini menjadi bendahara di Boyolali Bergerak. Dengan tagline gerakan sosial yaitu Bersatu, Berkarya dan Menginspirasi. Egi percaya bahwa gerakan masyarakat sekecil apapun apabila dilakukan bersama-sama serta dijalankan dengan hati yang tulus dan ikhlas akan membawa perubahan.

Egi bersyukur menjadi salah satu penerima bantuan beasiswa dari YIIM dan INSIGHT. Ia berharap juga bisa sama seperti YIIM dan INSIGHT yang terus menebar inspirasi dan kepeduliaan kepada sesama. Ia berharap melalui bantuan beasiswa inspirasi yang diberikan INSIGHT dan YIIM akan ada banyak orang-orang kurang beruntung seperti dirinya agar dapat meraih cita-cita dan memiliki masa depan yang lebih baik.  

Egi berharap spiritnya untuk memperbaiki kualitas hidup dan tidak lupa berbagi kepada sesama dapat menginspirasi anak muda di seluruh Indonesia untuk tidak takut bermimpi meraih kesuksesan, dan bekerja keras untuk menggapai mimpi tersebut. “Hambatan ekonomi bukan menjadi gerbang penutup untuk kita bisa mendapatkan pendidikan, namun juga harus dilihat bagaimana proses, dan kemauan untuk mencoba” tutupnya.

YIIM sebagai organisasi nirlaba terbuka dan membuka diri kepada khalayak luas yang ingin membantu dan bersama-sama mensukseskan program-program YIIM salah satunya adalah membantu pendidikan masyarakat kurang mampu agar tetap berprestasi dan mampu menebar inspirasi serta berkontribusi untuk kemajuan Sumber Daya Manusia di Indonesia.

Salam Inspirasi! 

Narahubung (Kontak Resmi 0857-1406-2808 atau 0858-9246-0624)   

 

Chrisbiantoro

Ketua Pengurus

 

Dewi Astari

Sekretaris

Beasiswa Inspirasi Hantarkan CANDRA EGIYAWATI Mahasiswa Kurang Mampu dan Berprestasi Raih Gelar Sarjana Tekhnik Kimia