INSIGHT dan YIIM Membantu Pengadaan MCK dan Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember Memperkuat Daya Tahan Ekonomi Warga

Home/Program Unggulan/Pemberdayaan Masyarakat/INSIGHT dan YIIM Membantu Pengadaan MCK dan Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember Memperkuat Daya Tahan Ekonomi Warga

INSIGHT dan YIIM Membantu Pengadaan MCK dan Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember Memperkuat Daya Tahan Ekonomi Warga

Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) bersama PT. Insight Investments Management (INSIGHT) bekerjasama dengan Yayasan Berdikari Bangun Bangsa (YBBB), pada tanggal 21 Juni 2022 mengadakan program sosial kemanusiaan pengadaan fasilitas umum untuk akses air bersih dan Mandi, Cuci, serta Kakus (MCK) di Kabupaten Bogor dan Pelatihan budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) di Kota Tangerang Selatan.

Program ini relevan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) khususnya TPB Nomor 1 tentang mengurangi kemiskinan dan TPB Nomor 2 untuk mengurangi kelaparan.

Dua (2) rangkaian kegiatan ini dilaksanakan didalam satu (1) hari pada hari selasa 21 Juni 2022. Acara pertama, peresmian pembukaan pelatihan budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) bagi 15 masyarakat pra sejahtera di wilayah Parung Bogor, acara ini dilaksanakan pada pukul 09.30 WIB hingga selesai bertempat di Kantor YBBB beralamat Jl Kecapi 2 No 40, RT 08/RW 05, Pisangan, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Budikdamber sangat bermanfaat untuk melatih warga agar memanfaatkan lingkungan pekarangan rumah dan tempat tinggal agar lebih produktif untuk budidaya ikan yang memberikan nilai tambah secara ekonomi dan minimal dapat menopang konsumsi rumah tangga.

Acara kedua, peresmian pengadaan fasilitas umum air bersih dan MCK bagi masyarakat pra sejahtera di Kp Pabuaran, Batok, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada pukul 11.30 WIB hingga selesai. Fasilitas tersebut berbentuk toilet dua (2) pintu untuk MCK dan satu (1) buah tandon penampung air. Sebelum diberi bantuan pengadaan MCK, 15 keluarga dari masyarakat didesa tersebut memanfaatkan air sungai yang mengalir disamping rumah mereka, karena mereka tidak sanggup untuk membayar air PAM. Kini, warga desa penerima manfaat sudah dapat memanfaatkan air bersih dan fasilitas MCK.

Dalam acara tersebut turut hadir Ibu Riccana Rosita selaku Bendahara YIIM, Achmad Fanani Rosyidi selaku Manager Program YIIM, Bapak Ade Sulaiman selaku Ketua YBBB beserta jajaran staf, Perwakilan penerima manfaat budikdamber, dan Bapak Empay ketua RT Kp Pabuaran.

Dalam kesempatan yang sama bapak Suluh T Rahardjo selaku Koordinator CSR PT INSIGHT menyampaikan “kami bersyukur dapat berbagi bagi masyarakat pra sejahtera. Semoga dengan adanya fasilitas umum MCK dan pelatihan budikdamber ini dapat memberikan manfaat bagi warga yang membutuhkan. Kami dari PT. INSIGHT melalui program sosial bersama YIIM berusaha membantu agar dapat memberi manfaat untuk masyarakat. Program ini merupakan bagian dari komitmen INSIGHT yaitu transforming investments into social impact”.

Selanjutnya dari perwakilan YIIM, Ibu Riccana Rosita selaku bendahara pengurus YIIM menyampaikan “YIIM selaku mitra dari PT. Insight Investments Management bangga melalui program ini kami dapat berbagi dengan masyarakat dan menebarkan inspirasi untuk terus berbuat baik dan berbagi dengan sesama.

Sementara itu, Bapak Ade Sulaiman selaku Ketua YBBB sekaligus pendamping program ini menyampaikan “Terima kasih kepada PT INSIGHT dan YIIM yang telah bekerjasama dengan YBBB menyalurkan pendanaan dan bantuan berupa pelatihan budikdamber dan pengadaan fasilitas umum air bersih dan MCK. Khususnya, Bagi warga kampung Pabuaran pengadaan fasilitas MCK ini sangat membantu warga. Karena sebelumnya warga hanya mengakses air dari sungai untuk mandi, cuci, dan buang air, dimana kebersihannya belum tentu terjamin. Warga memang tidak punya pilihan lain karena untuk mengakses air bersih disini cukup mengeluarkan dana yang tidak kecil bagi mereka. Terima kasih”

Salam Inspirasi!

Narahubung (Kontak Resmi 0857-1406-2808 atau 0858-9246-0624)   

 

Chrisbiantoro

Ketua Pengurus

 

Dewi Astari

Sekretaris

INSIGHT dan YIIM Membantu Pengadaan MCK dan Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember Memperkuat Daya Tahan Ekonomi Warga