Noviga Putri Pujianti Penerima Beasiswa Yang Aktif di Kegiatan Sosial dan Berprestasi

Home/Program Unggulan/Pendidikan/Noviga Putri Pujianti Penerima Beasiswa Yang Aktif di Kegiatan Sosial dan Berprestasi

Noviga Putri Pujianti Penerima Beasiswa Yang Aktif di Kegiatan Sosial dan Berprestasi

Dengan Ilmu Kita Menuju Kemuliaan ( Ki Hadjar Dewantara)

 

Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) bersama PT. Insight Investments Management (INSIGHT) dalam kesempatan ini ingin berbagi profil salah satu penerima beasiswa. Program beasiswa ini merupakan komitmen untuk turut berpartisipasi dalam memajukan pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa serta mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk kemajuan Indonesia.

Beasiswa pendidikan

Sejak awal berdiri di tahun 2014, YIIM berkolaborasi dengan INSIGHT menyelenggarakan program bantuan pendidikan melalui program beasiswa inspirasi untuk mahasiswa dan mahasiswi berprestasi terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu. Tidak kurang dari 100 orang penerima beasiswa telah dibantu melalui program ini.

Program bantuan beasiswa diberikan dalam bentuk bantuan biaya pendidikan,  bantuan biaya hidup, bantuan peralatan penunjang pendidikan dan bantuan biaya penyusunan dan penyelesaian tugas akhir.

Salah satu penerima beasiswa yang terpilih adalah NOVIGA PUTRI PUJIANTI atau biasa disapa Novi, ia merupakan salah satu mahasiswi berprestasi dari keluarga kurang mampu yang sedang berkuliah di Politeknik Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Novi merupakan mahasiswi jurusan Teknik Kimia angkatan 2019, yang saat ini memasuki semester 5 dan akan melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan).

Program beasiswa ini juga turut didukung oleh Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) yang memiliki komitmen untuk mencetak SDM unggul dibidang perkebunan.

Politeknik   LPP Yogyakarta menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang mendapatkan bantuan beasiswa. Sejak tahun 2018 hingga saat ini,  khusus untuk Politeknik LPP Perkebunan Yogyakarta berhasil disalurkan bantuan beasiswa inspirasi untuk 14 orang mahasiswa/i.

 

Berasal dari keluarga kurang mampu

Novi merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Terlahir dari keluarga yang sangat sederhana, ayahnya merupakan seorang pekerja keras dengan upah harian yaitu buruh bangunan, sedangkan sang ibu merupakan seorang ibu rumah tangga dan juga petani musiman.

Ia beserta keluargnya tinggal di rumah kontrakan di sebuah desa di ujung pulau Jawa tepatnya di Dusun Sidodai, Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Novi sudah cukup kenyang dengan pasang surut masalah ekonomi dan kehidupan yang dialami bersama keluarganya. Ia diajarkan oleh orang tuanya untuk selalu saling menguatkan bersama keluarga dan mengandalkan Tuhan dalam semua urusan. “Jangan mengeluh dan pantang menyerah.” Ujar Novi mengenang wejangan orang tuanya.

Ia sangat bersyukur apapun kondisinya, keluarga tetap mendukung dan mendoakan yang terbaik untuk masa depannya khususnya untuk menyelesaikan pendidikan yang saat ini masih dijalani di LPP Perkebunan Yogyakarta.

Ia bersyukur, berkat kegigihan dan keuletan dalam belajar, Tuhan membuka jalan sehingga ia terpilih menjadi penerima beasiswa inspirasi sehingga sangat membantu meringankan beban orang tua. Novi menjawab berkah ini dengan prestasi akademik yang cukup baik yaitu Indek Prestasi Kumulatif ( IPK) rata-rata 3,50 (tiga koma lima puluh) pada setiap semester.

 

Aktif dalam kegiatan sosial

Selain berprestasi secara akademik, Novi juga aktif dalam kegiatan sosial dilingkungan kampus. Salah satunya menggalang bantuan sosial untuk korban bencana alam.

Salah satu contohnya adalah pada bulan Februari 2021, Novi bersama Unit Kegiatan Mahasiswa  (UKM) bidang kerohaniaan dan juga Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM) Politeknik LPP Yogyakarta melakukan penggalangan donasi bantuan untuk masyarakat korban bencana banjir bandang di Kalimantan Selatan. Ia bersama teman-temannya menggalang donasi dengan cara berjualan makanan ayam geprek yang keuntungannya disalurkan untuk membantu meringankan beban korban banjir.

Jiwa sosial yang dimilik Novi sudah terlihat sejak masih duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), dimana ia sering memberikan les privat secara gratis untuk tetangga maupun adik kelasnya. Kegiatan mulia tersebut masih dilakukan hingga saat ini apabila ia kembali ke kampungnya pada saat libur kuliah. Meskipun penuh dengan keterbatasan tidak menyurutkan Novi untuk terus berbagi kepada sesama dan mendukung pendidikan anak-anak dilingkungannya.

Selain itu, Novi juga dikenal sebagai sosok yang aktif dalam kegiatan keagamaan, yaitu bersama UKM bidang kerohaniaan agama Islam, ia sering dipercaya untuk menjadi panitia setiap perayaan agama Islam seperti Isra Miraj dan Idul Adha.

Ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang mengharuskan ia harus kuliah secara daring (online) tidak menyurutkan langkah Novi untuk menyelesaikan pendidikannya, ia ingin membanggakan orang tua dan membuktikan bahwa ia mampu berprestasi meski dalam kondisi yang penuh keterbatasan.

Tidak lupa ia pun berharap agar semakin banyak mahasiswa dan mahasiswi kurang beruntung seperti dirinya mendapatkan bantuan pendidikan untuk dapat meraih cita-cita. “Semoga beasiswa inspirasi bisa menyentuh lebih banyak lagi penerima manfaat.” harap Novi.

Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Program bantuan pendidikan melalui bantuan beasiswa ini adalah salah satu program prioritas YIIM bersama INSIGHT dan mitra pendukung lainnya. Program ini merupakan wujud dari komitmen untuk mensukseskan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals / SDGs) khususnya SDGs Nomor 4 mengenai Pendidikan Berkualitas. Hal ini juga selaras dengan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Untuk berkonstribusi mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, YIIM terbuka dan membuka diri terhadap segala bentuk dukungan dan kerjasama agar dapat menjangkau lebih banyak para penerima manfaat khususnya dari kalangan kurang mampu dan kurang beruntung di Indonesia.**

Salam Inspirasi!

Narahubung (Kontak Resmi 0857-1406-2808 atau 0858-9246-0624)   

 

Chrisbiantoro

Ketua Pengurus

 

Dewi Astari

Sekretaris

Noviga Putri Pujianti Penerima Beasiswa Yang Aktif di Kegiatan Sosial dan Berprestasi