PTC dan YIIM Memperkuat Alumni Pelatihan Kewirausahaan dengan Bantuan Modal Alat Usaha UMKM

Home/Program Unggulan/Pemberdayaan Masyarakat/PTC dan YIIM Memperkuat Alumni Pelatihan Kewirausahaan dengan Bantuan Modal Alat Usaha UMKM

PTC dan YIIM Memperkuat Alumni Pelatihan Kewirausahaan dengan Bantuan Modal Alat Usaha UMKM

Jakarta – PT Pertamina Training & Consulting (PTC) melalui skema Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bersama dengan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) memberikan bantuan modal alat usaha untuk para alumni kelas kewirausahaan Barista Kopi, Kuliner Frozen Food dan budidaya sayuran organik hidroponik.

3 (tiga) Pelatihan keterampilan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2021 hingga tanggal 1 oktober 2021 baik secara online maupun offline dengan peserta berjumlah 124 orang dari total keseluruhan pendaftar 18.047 orang. 124 orang terdiri dari 17 peserta pelatihan hidroponik, 62 peserta pelatihan barista kopi, dan 45 peserta pelatihan frozen food.

Untuk link laporan para penerima manfaat yang sudah merintis usaha dapat diakses DISINI

Untuk link laporan pemberian bantuan usaha dan merchandise dapat diakses DISINI

Penerima manfaat dari program ini adalah masyarakat yang memiliki latar belakang pra sejahtera, kelompok ibu rumah tangga, disabilitas yang tidak memiliki pekerjaan, pekerja terkena pemutusan hubungan kerja, eks warga pemasyarakatan (lapas), pemuda putus sekolah, dan keluarga pra sejahtera. Program ini juga sebagai wujud konkret dalam mendukung penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan kategori Penanganan Perubahan Iklim dan Pertumbuhan Ekonomi.

Sebagai acara puncak sekaligus penutupan serangkaian program pelatihan, pemberian bantuan hibah alat modal usaha terhadap alumni peserta pelatihan Kewirausahaan Sosial secara resmi dilaksanakan di Kantor PT Pertamina Training & Consulting, Petojo Selatan, Jakarta Pusat pada hari Rabu (8/12).

Secara simbolik, PTC dan YIIM sebagai mitra pelaksana memberikan bantuan hibah alat modal usaha kepada 18 peserta yang terdiri dari 6 paket bantuan hibah alat modal usaha frozen food berupa freezer, vacuum food sealer, mesin kode kadaluarsa, blender, dan kompor; 4 paket bantuan hibah alat modal usaha barista kopi, 8 paket bantuan hibah alat untuk bercocok tanam hidroponik berupa masing-masing 5 paket instalasi paralon, pompa air, ember, netpot, alat ukur PH meter, TDS meter, rockwool, nutrisi, dan bibit sayuran.

Simbolisasi dilaksanakan pada tanggal 08 Desember 2021, dihadiri langsung oleh Teuku Mirasfi selaku Direktur Utama PT Pertamina Training & Consulting beserta seluruh jajaran direksi PTC, Dian Hapsari Firasati selaku Pjs. VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), dan Chrisbiantoro selaku ketua pengurus Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM).

Acara turut dihadiri oleh 11 orang penerima manfaat yang mewakili kelas barista kopi, hidroponik dan kuliner frozen food. Turut memberikan testimoni tentang manfaat hasil pelatihan untuk usaha yang dirintis yaitu Ibu Ambar Yuliasiwi (merintis usaha frozen food), Aries Andriyanto (penyandang disabilitas merintis usaha kopi dan Budi dari Yayasan Difabel Mandiri Indonesia (YDMI) yang mulai aktif melakukan budidaya sayur organik hidroponik.

Dalam kesempatan sambutan, Teuku Mirasfi menyampaikan “Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pertamina Training & Consulting dengan memberikan pelatihan kewirausahaan sosial. Sebagai penutupan program kami berikan bantuan hibah alat modal usaha frozen food, barista kopi, dan hidroponik. Kami berharap dengan adanya bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan mengembangkan wirausaha dan membantu teman-teman semua dalam menguatkan ekonomi keluarga ditengah sulitnya kondisi ekonomi karena pandemi.”

Menambahkan pesan-pesan dalam sambutan, Dian Hapsari Firasati, selaku Pjs. VP CSR SMEPP PT. Pertamina Persero menyampaikan “Para penerima manfaat program ini adalah subyek bukan obyek, sehingga harus berinovasi dan mengembangkan usaha agar meningkatkan kesejahteraan. Program ini bukan charity melainkan program pemberdayaan yang harapannya dapat membantu para penerima manfaat secara berkelanjutan dengan usaha yang ditekuni.

Saat ini sudah ada 21 orang alumni pelatihan yang mulai menerapkan ilmu yang didapat selama pelatihan yaitu sudah ada yang merintis usaha kecil mandiri, ada juga yang melakukan inovasi usaha dan juga ada penerima manfaat yang bekerja menjadi barista kopi untuk menambah pengalaman. Pelatihan kewirausahaan ini selaras dan senafas dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) nomor 1, 2, 8, 10, dan 17 yang telah dicanangkan oleh pemerintah menjadi Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Dalam kesempatan yang sama, Chrisbiantoro selaku ketua pengurus YIIM dalam sambutan menyampaikan rasa terima kasih atas terselenggaranya program pelatihan kewirausahaan sosial “terimakasih kepada Pertamina dan PTC telah membantu para penerima manfaat dari beragam latar belakang melalui program Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan. Semoga semakin banyak masyarakat pra sejahtera, kurang beruntung dan penyandang disabilitas yang kita dapat bantu untuk pemberdayaan.”

Melalui skema Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT Pertamina Training & Consulting bermitra dengan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun memberdayakan masyarakat untuk mencapai kemandirian ekonomi keluarga dengan berwirausaha. Selain diberikan pelatihan, peserta terbaik terpilih yang sudah melewati berbagai proses mendapatkan bantuan hibah sepaket peralatan modal usaha untuk 18 orang alumni peserta pelatihan.

Salam Inspirasi!

Narahubung (Kontak Resmi 0857-1406-2808 atau 0858-9246-0624)   

 

Chrisbiantoro

Ketua Pengurus

 

Dewi Astari

Sekretaris

PTC dan YIIM Memperkuat Alumni Pelatihan Kewirausahaan dengan Bantuan Modal Alat Usaha UMKM