SERI WEBINAR: YIIM & INSIGHT Didukung Madura United Tebarkan Spirit Investasi dan Wirausaha Untuk Mahasiswa

Home/Program Unggulan/Pendidikan/SERI WEBINAR: YIIM & INSIGHT Didukung Madura United Tebarkan Spirit Investasi dan Wirausaha Untuk Mahasiswa

SERI WEBINAR: YIIM & INSIGHT Didukung Madura United Tebarkan Spirit Investasi dan Wirausaha Untuk Mahasiswa

Pada tanggal 16 Juni 2022, Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) didukung oleh PT Insight Investments Management (INSIGHT) melalui Program Pendidikan bekerjasama dengan Civitas Akademika Universitas Bahaudin Mudhary Madura (UNIBA Madura) menyelenggarakan Webinar Wirausaha dan Investasi.

Webinar ini sebagai bentuk komitmen YIIM dan INSIGHT dengan didukung oleh Madura United, menganggap penting untuk memberikan edukasi tentang wirausaha dan pentingnya berinvestasi kepada civitas akademika dan publik.  Selain itu program ini juga selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya tujuan Nomor 1 menghapus kemiskinan, nomor 4 pendidikan berkualitas, nomor 6 mendukung pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, nomor 10 mengurangi ketimpangan. Serta SDGs Nomor 16 tentang kelembagaan negara yang kuat dan SDGs Nomor 17 tentang kerjasama antar kelembagaan.

Pelaksanaan acara ini diselenggarakan secara hybrid dilaksanakan bertempat di Aulia UNIBA Madura dan melalui aplikasi ZOOM Meeting. Total peserta yang mengikuti webinar sebanyak 106 orang berasal dari beragam latar belakang antara lain penerima manfaat beasiswa YIIM, mahasiswa, dan pelaku wirausaha. Panitia pelaksanaan Webinar Wirausaha dan Investasi merupakan mahasiswa UNIBA Madura penerima beasiswa pendidikan inspirasi YIIM dan INSIGHT. Sejak tahun 2018, YIIM didukung INSIGHT telah memberikan bantuan beasiswa kepada 40 mahasiwa UNIBA Madura.

Acara ini menghadirkan satu orang keynote speaker yaitu, Annisa Zhafarina selaku Chief Operating Officer Madura United dan dua orang narasumber yaitu Suluh Tripambudi Rahardjo selaku Head of CSR Team PT Insight Invesments Management dan Achmad Fanani Rosyidi selaku Manager Program YIIM. Moderator acara yaitu Achmad Zuhri merupakan Dosen Manajemen UNIBA Madura.

Sebagai pembuka acara webinar, Rektor UNIBA Madura yaitu Prof. Dr. H. Rachmad Hidayat menyampaikan “Acara Webinar Wirausaha dan Investasi ini merupakan momen luar biasa untuk para mahasiswa menimba ilmu dan berharap mahasiswa dapat memanfaatkan sedemikian rupa acara hari ini.  Ini momen baik mengambil ilmu serta pengalaman dari para narasumber. Terima kasih kepada YIIM dan PT Insight Investments Management yang selalu mendukung pendidikan di UNIBA Madura.”

Narasumber pertama Suluh Tripambudi Rahardjo, menjelaskan mengenai pentingnya literasi keuangan khususnya investasi di pasar modal dan reksadana, serta menjelaskan bagaimana cara berinvetasi di pasar modal dan reksadana yang aman khususnya bagi para mahasiswa.  Setelah itu dilanjutkan oleh narasumber kedua Achmad Fanani Rosyidi, memberikan materi mengenai kewirausahaan sosial serta bagaimana anak muda dapat berwirausaha dan mampu meningkatkan perekonomian. Setelah kedua narasumber menjelaskan materi dilanjutkan keynote speaker oleh Annisa Zhafarina, berbagi pengalaman dalam menggeluti dunia usaha, khususnya pengalaman mempimpin bisnis klub sepakbola Madura United.

 

Webinar ini berlangsung selama dua jam setengah dari pukul 13.00 wib – 15.30 wib, dimana para peserta webinar sangat antusias mengajukan pertanyaan mulai dari bagaimana memulai usaha hingga cara berinvestasi dengan reksadana. Mahasiswa yang bertanya mendapatkan kesempatan menerima giveaway yang telah disediakan oleh panitia.

Dengan diselenggarakannya webinar ini, YIIM berharap para peserta telah mengetahui bagaimana cara berinvestasi yang aman. Selain itu juga menumbuhkan semangat dan spirit kewirausahaan sosial bagi mahasiswa untuk menjadi wirausaha yang bermanfaat untuk masyarakat. Serta kolaborasi antara YIIM dengan civitas akademika dapat terus terjaga.

 

Salam Inspirasi!

Narahubung (Kontak Resmi 0857-1406-2808 atau 0858-9246-0624)   

 

Chrisbiantoro

Ketua Pengurus

 

Dewi Astari

Sekretaris

SERI WEBINAR: YIIM & INSIGHT Didukung Madura United Tebarkan Spirit Investasi dan Wirausaha Untuk Mahasiswa