Webinar Diseminasi & Peluncuran Buku Praktik Baik Aksi Advokasi Anak Muda untuk Perubahan Iklim di Jawa Barat

Webinar Diseminasi & Peluncuran Buku Praktik Baik Aksi Advokasi Anak Muda untuk Perubahan Iklim di Jawa Barat

Jakarta, 5 Juni 2024 — Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) dengan dukungan dari PT Insight Investment Management menggelar webinar diseminasi dan peluncuran buku berjudul “Youth for Climate Action: Praktik Baik Aksi Advokasi Anak Muda untuk Perubahan Iklim”. Acara ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan advokasi anak muda yang telah berlangsung di Kota Bandung sejak Februari 2024, sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Webinar dapat disimak melalui link You Tube

Pada bulan Februari, YIIM bekerja sama dengan U-Report Indonesia dan IBU Foundation menyelenggarakan pelatihan advokasi untuk membekali generasi muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam mendukung aksi iklim dan kemanusiaan. Selain pelatihan, program ini juga memberikan kesempatan bagi organisasi yang dipimpin oleh anak muda untuk mengajukan rencana advokasi dan mendapatkan pendanaan sebesar dua juta rupiah.

Pada periode Maret-April 2024, organisasi-organisasi ini melaksanakan program advokasi mereka dengan fokus pada tiga tema utama: kesiapsiagaan bencana, manajemen persampahan, dan peningkatan kesadaran akan krisis iklim. Webinar ini bertujuan untuk menyebarkan hasil dari aksi yang telah dilakukan, berbagi pengalaman, dan memaparkan praktik baik yang efektif dalam mengadvokasi isu perubahan iklim. Acara ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi inisiatif serupa di masa depan, membangun komunitas yang lebih kuat, dan memperluas jaringan kolaborasi.

 

Peluncuran buku “Youth for Climate Action: Praktik Baik Aksi Advokasi Anak Muda untuk Perubahan Iklim” bertujuan untuk mendokumentasikan seluruh proses dan hasil program, menyediakan referensi jangka panjang, dan mendorong lebih banyak tindakan nyata dalam menyuarakan isu-isu iklim dan kemanusiaan. Buku ini menyajikan berbagai strategi dan praktik terbaik yang ditemukan selama pelaksanaan program, yang dapat dijadikan panduan bagi generasi muda lainnya dalam melakukan advokasi lingkungan. Buku ini dapat diakses di sini

Webinar ini diisi oleh Ikrom Mustofa, founder Yayasan Generasi Cerdas Iklim, yang menyampaikan materi mengenai pengantar perubahan iklim dan dampaknya terhadap anak-anak dan anak muda. Selain itu, Salma Fauzani, seorang advokat muda yang mewakili salah satu organisasi yang terpilih dalam aksi advokasi, berbagi cerita mengenai awal mula pembentukan organisasinya, tantangan yang dihadapi, serta praktik baik yang ditemukan selama pelaksanaan aksi implementasi.

Dengan acara ini, YIIM berharap dapat menciptakan gerakan yang lebih besar dan beragam dalam menangani perubahan iklim dan bencana melalui kolaborasi dan berbagi praktik baik yang dilakukan oleh generasi muda. Kolaborasi yang kuat dan dokumentasi yang baik diharapkan dapat menambah kredibilitas program, memotivasi dukungan lebih lanjut dari masyarakat, serta mengajak lebih banyak orang untuk terlibat dalam gerakan ini.

Narahubung (Kontak Resmi 0857-1406-2808 atau 0858-9246-0624)   

 

Chrisbiantoro

Ketua Pengurus

 

Dewi Astari

Sekretaris

Webinar Diseminasi & Peluncuran Buku Praktik Baik Aksi Advokasi Anak Muda untuk Perubahan Iklim di Jawa Barat