WORLD OCEAN DAY: Penanaman Bibit Pohon Bakau (Manggrove) dan Rehabilitasi Terumbu Karang di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu

Home/Pelestarian Lingkungan Hidup, Pemberdayaan Masyarakat, Program Unggulan/WORLD OCEAN DAY: Penanaman Bibit Pohon Bakau (Manggrove) dan Rehabilitasi Terumbu Karang di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu

WORLD OCEAN DAY: Penanaman Bibit Pohon Bakau (Manggrove) dan Rehabilitasi Terumbu Karang di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu

Dalam rangka merayakan World Ocean Day (Hari Samudra Sedunia) yang jatuh pada tanggal 8 Juni, Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) didukung oleh PT. Insight Investments Management (INSIGHT) mengadakan program pelestarian lingkungan hidup pada tanggal 25 Juni 2022 dengan tagline #AdaKebaikanDiSetiapInvestasimu yang diselenggarakan di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu. 

Acara ini dihadiri antara lain Andrean Malta selaku Head of Retail Sales Distribution and Business Alliances PT INSIGHT, Chrisbiantoro selaku Ketua YIIM, Muhammad Nuralim selaku Sekertaris Kelurahan Pulau Kelapa, Safaatul Anam selaku Ketua Pokdarwis Kelapa Tunggal, Petra Gabriel Michael alias Jebraw seorang influencer yang peduli terhadap lingkungan, masyarakat Pulau Kelapa, dan tamu investor dari PT. INSIGHT.

Adapun beberapa rangkaian acara yang dilakukan dalam acara ini, yaitu: pemberdayaan ekonomi bagi warga nelayan melalui pelatihan memasak frozen food, penanaman bibit pohon bakau (mangrove) dipesisir pantai Pulau Kelapa, rehabilitasi terumbu karang di daerah pantai Pulau Kelapa.

Dalam sambutannya, Andrean Malta selaku Head of Retail Sales Distribution and Business Alliances PT INSIGHT menyampaikan, “Program ini diadakan dalam rangka World Ocean Day. Program ini menjadi salah satu bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan yang terdapat di Pulau Kelapa. Selain itu kami juga merupakan salah satu perusahaan investasi yang hasil keuntungan diperuntukan untuk kegiatan sosial dan manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat seperti kepada masyarakat Pulau Kelapa.”

Chrisbiantoro selaku ketua Yayasan inspirasi Indonesia Membangun menambahkan, “Program pelestarian lingkungan ini kami didukung oleh PT. Insight Investements Management untuk memberikan manfaat kepada masyarakat Pulau Kelapa. Dengan adanya kegiatan penanaman bibit pohon bakau dan rahbilitasi terumbu karang dapat memperbaiki lingkungan sekitar Pulau Kelapa dan dengan adanya kegiatan pelatihan frozen food dapat melatih keterampilan para ibu di Pulau Kelapa.”

Muhammad Nuralim selaku Sekretaris Kelurahan Pulau Kelapa juga menyampaikan, “Dengan adanya kegiatan penanaman bibit pohon bakau dan penanaman terumbu karang dapat melindungi laut sekitar. Dan dengan adanya pelatihan memasak frozen food dapat melatih para ibu Pulau Kelapa untuk mengingkatkan usaha mereka.”

Pelatihan memasak frozen food dilaksanakan di halaman samping RPTRA Nyiur Melambai. Dalam pelatihan memasak kali ini mempraktikan pembuatan nuget ikan sayur frozen food yang dilatih oleh ibu Wanmayetty, alumni pelatihan kuliner tahun 2019 binaan YIIM. Bahan baku ikan pembuatan nuget ini dibeli langsung dari nelayan Pulau Kelapa. Pelatihan memasak ini diikuti oleh 17 ibu-ibu yang berasal dari Pulau Kelapa dan Pulau Harapan. Selama pelatihan memasak ini berjalan, para ibu sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Setelah pelatihan memasak frozen food selesai, para peserta mendapatkan sertifikat pelatihan dan goodie bag.

Di waktu yang bersamaan, diadakan program pelestarian lingkungan di daerah pesisir dan pantai Pulau Kelapa. Pertama, penanaman 2000 bibit pohon bakau (mangrove) bersama 20 orang tamu investor dari PT INSIGHT dan dibantu 10 warga lokal dan didampingi langsung oleh Pokdarwis Pulau Kelapa Tunggal. Kedua, rehabilitasi terumbu karang sebanyak 10 modul terumbu karang di daerah pantai Pulau Kelapa yang berada 1,5 hingga 3 meter kedalaman laut dibantu oleh 10 warga lokal.

Bantuan ini menjadi salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan juga perekonomian masyarakat sekitar. Program ini juga selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Suistainable development goals/SDGs) nomor 1 tanpa kemiskinan, nomor 13 penanganan perubahan iklim, dan nomor 14 ekosistem lautan.

Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun sebagai lembaga non-profit terbuka terhadap semua pihak yang ingin mendukung atau memberikan donasi dalam bentuk apapun. Sehingga setiap donasi yang diberikan kepada YIIM akan langsung disalurkan kepada para penerima manfaat yang membutuhkan dan kurang beruntung.

Salam Inspirasi!

 

Narahubung (Kontak Resmi 0857-1406-2808 atau 0858-9246-0624)   

 

Chrisbiantoro

Ketua Pengurus

 

Dewi Astari

Sekretaris

WORLD OCEAN DAY: Penanaman Bibit Pohon Bakau (Manggrove) dan Rehabilitasi Terumbu Karang di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu