YIIM dan PT. Pertamina Training and Consulting (PTC) Melatih Masyarakat Menjadi Wirausaha Kopi, Kuliner Frozen Food dan Hidroponik

Home/Program Unggulan/Pemberdayaan Masyarakat/YIIM dan PT. Pertamina Training and Consulting (PTC) Melatih Masyarakat Menjadi Wirausaha Kopi, Kuliner Frozen Food dan Hidroponik

YIIM dan PT. Pertamina Training and Consulting (PTC) Melatih Masyarakat Menjadi Wirausaha Kopi, Kuliner Frozen Food dan Hidroponik

Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) bekerjasama dengan PT. Pertamina Training and Consulting (PTC) selaku anak perusahaan dari PT. Pertamina Persero bekerjasama menyelenggarakan pelatihan pemberdayaan masyarakat menjadi wirausaha kopi, kuliner frozen food dan bercocok tanam tanaman organik hidroponik.

PT. Pertamina Training and Consulting memberikan dukungan untuk program ini melalui skema Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSL).

Pelatihan kewirausahaan ini selaras dan senafas dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang telah dicanangkan oleh pemerintah menjadi Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Khusus untuk program ini SDGs yang menjadi kerangka acuan adalah:

  • SDGs Nomor 1 tentang Pengurangan angka kemiskinan;
  • SDGs Nomor 2 tentang Mencegah Kelaparan;
  • SDGs Nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi;
  • SDGs Nomor 10 tentang Berkurangnya kesenjangan
  • SDGs Nomor 17 tentang Kemitraan untuk mencapai tujuan

Kerjasama dimulai sejak bulan Agustus 2021 dan akan berakhir pada pertengahan bulan Oktober 2021.

Tercatat animo masyarakat cukup tinggi mengikuti program ini, tergambar dari jumlah pendaftar sebagai berikut:

Pendaftar Barista sebanyak 2007 orang (13.621 orang waiting list)

Yang lolos Pelatihan:

batch satu : 20 peserta pelatihan online

Batch dua : 30 peserta pelatihan online

Offline batch satu : 3 peserta pelatihan offline tatap muka

Yang Mengikuti Webinar:

Webinar: 264 peserta (Zoom) + 310 peserta (Youtube)

Pendaftar Frozen Food sebanyak sebanyak 1995 orang

Yang lolos Pelatihan :

Batch satu : 15 peserta pelatihan online

Batch dua : 15 peserta pelatihan online

Offline batch satu : 3 peserta pelatihan offline tatap muka

Offline batch dua : 3 peserta

Pendaftar Hidroponik sebanyak 424 orang

Yang lolos Pelatihan :

Pelatihan: 17 peserta

Yang mengikuti webinar :

Webinar: 86 peserta (zoom) + 165 peserta (Youtube)

Pelatihan ini menerapkan sistem pelatihan berseri dan dilaksanakan dalam beberapa kelompok (batch) serta menggabungkan metode pelatihan online (daring) dan offline (tatapmuka), hal ini menyesuaikan dengan standar dan protokol kesehatan dari pemerintah untuk mencegah dan mengantisipasi penularan Covid 19. Seluruh rangkaian teori dasar dan berjenjang diberikan melalui pelatihan online.

Untuk barista dilakukan pelatihan Online kemudian dari peserta pelatihan online akan disaring dalam kelompok kecil maksimal 3 orang peserta terbaik untuk mengikuti pelatihan offline tatap muka di kedai kopi inspirasi YIIM.

Kemudian untuk kuliner frozen food pelatihan online diselenggarakan selama 3 hari berturut turut kemudian disaring 3 orang peserta terbaik dari seluruh peserta online pada setiap batch nya untuk mengikuti pelatihan memasak langsung dengan pelatih di kantor YIIM.

Sedangkan untuk hidroponik hanya dilakukan secara online selama 2 hari dan pada penutupan sessi kerjasama akan dilakukan panen sekaligus pendampingan secara virtual oleh pelatih untuk peserta kelompok yang sudah melakukan cocok tanam.

Untuk para pendaftar yang tidak lolos pelatihan, panitia menyediakan webinar tentang tema tersebut diatas untuk memberikan informasi dan pengalaman serta pengetahuan kepada para pendaftar yang tidak lolos pelatihan namun berkesempatan mengikuti webinar.

 

Salam Inspirasi!

Narahubung (Kontak Resmi 0857-1406-2808 atau 0858-9246-0624)   

 

Chrisbiantoro

Ketua Pengurus

 

Dewi Astari

Sekretaris

YIIM dan PT. Pertamina Training and Consulting (PTC) Melatih Masyarakat Menjadi Wirausaha Kopi, Kuliner Frozen Food dan Hidroponik