Hari Wahyu : Alumni Kelas Kewirausahaan Sablon Pakaian Tetap Gigih Merawat Harapan Ditengah Pandemi Covid 19

Home/Program Unggulan/Pemberdayaan Masyarakat/Hari Wahyu : Alumni Kelas Kewirausahaan Sablon Pakaian Tetap Gigih Merawat Harapan Ditengah Pandemi Covid 19

Hari Wahyu : Alumni Kelas Kewirausahaan Sablon Pakaian Tetap Gigih Merawat Harapan Ditengah Pandemi Covid 19

Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) bersama PT. Insight Investments Management (INSIGHT) ingin membagikan kisah inspiratif dari salah satu alumni pelatihan kewirausahaan sablon pakaian, yakni Hari Wahyu (27 tahun) atau yang akrab disapa Wahyu.

Wahyu  merupakan alumni pelatihan kewirausahaan sablon pakaian batch pertama tahun 2019 yang diselenggarakan oleh YIIM dan INSIGHT. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi pelatihan sablon pakaian dapat dibuka ditautan berikut: Press Release 1, Press Release 2, dan Press Release 3.

Sebelum mengikuti pelatihan, Wahyu merupakan perantau dari Purbalingga, Jawa Tengah yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Ia bekerja serabutan untuk bertahan hidup di Ibu Kota, dari mulai bekerja sebagai tukang cat hingga supir cadangan pun pernah dijalaninya. Namun pekerjaan itu tidak pasti setiap harinya, kadang dalam satu minggu ia hanya mendapatkan uang sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah).

Dengan penghasilan yang tidak menentu itu, Wahyu harus menafkahi anak laki – lakinya yang berumur 6 tahun yang tinggal bersama ibunya di Purbalingga. Walaupun Wahyu dan Istrinya sudah berpisah karena faktor kesulitan ekonomi, namun kewajiban untuk menafkahi anak satu – satunya masih dijalani oleh Wahyu dengan rutin mengirimkan uang kepada anaknya.

Berbekal informasi mengenai pelatihan sablon pakaian YIIM dari seorang teman yang bekerja  di Balai Pemasyarakatan Kelas 1 (BAPAS) Jakarta Pusat, kemudian Wahyu mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan sablon pakaian ini diadakan selama 5 hari di BAPAS Jakarta Pusat dan di Workshop Sablon Sudut Kota.

Sudut Kota adalah komunitas sablon yang sekaligus menjadi trainer pelatihan sablon pakaian yang diadakan oleh YIIM bersama mitra.  

Setelah mengikuti pelatihan sablon dari YIIM, kemudian Wahyu mendalami seluk beluk dunia sablon dengan ikut membantu di Workshop Sablon Sudut Kota milik pelatih sablon. Karena ketekunannya untuk menggeluti usaha sablon pakaian, maka Wahyu memberanikan diri untuk mengajukan proposal usaha sablon kepada YIIM dan PT. Insight. Ia kemudian terpilih untuk mendapatkan bantuan hibah peralatan usaha sablon dari YIIM dan PT. Insight Investments Management.

Berkat bantuan hibah peralatan usaha inilah, ia kemudian merintis usaha sablon dengan nama “Sablon Inspirasi” yang berlokasi di Jalan Perjuangan No. 50 Tambun Selatan – Kabupaten Bekasi. Pada awalnya, pesanan sablon yang diterima Wahyu dalam satu bulan tidak lah banyak hanya 1 – 2 lusin, namun ia tetap berusaha mempromosikan usahanya kepada kolega serta membuatkan akun instagram agar lebih banyak orang yang mengetahui tentang Sablon Inspirasi. 

Namun karena kegigihannya untuk terus mempromosikan usahanya, dalam satu bulan ia bisa mendapatkan pesanan sablon pakaian hingga 5 lusin dengan pendapatan rata – rata Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah). Dan juga ia pun berkontribusi untuk mengerjakan merchandise kaos dan masker dari YIIM untuk bantuan masyarakat terdampak Covid – 19 dan juga tenaga medis. Walaupun, dalam kondisi pandemi Covid – 19 saat ini, usaha sablonnya sempat mengalami penurunan yang drastis. Ia berharap semoga keadaan segera pulih dan usaha sablonnya mengalami peningkatan kembali seperti semula.

Pogram pelatihan serta bantuan usaha untuk melahirkan wirausahawan kecil seperti Wahyu ini merupakan upaya untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) Nomor 1 menghapus kemiskinan dan SDGs Nomor 10 mengakhiri ketimpangan.

Wahyu berterima kasih kepada YIIM dan PT. Insight yang telah membantunya untuk bisa merintis usaha sablon.

 “ Terima kasih kepada YIIM dan PT. Insight Investments Management yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti pelatihan sablon dan mendapatkan bantuan usaha. Saya berharap program seperti ini terus dilanjutkan agar lebih banyak orang yang berlatar belakang seperti saya bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik. Maju terus untuk YIIM dan PT. Insight, terus menebar kebaikan dan inspirasi bagi masyarakat”.

Wahyu dan para alumni pelatihan kewirausahaan lainnya merasa bangga menjadi bagian dari program pemberdayaan masyarakat yang dirintis oleh YIIM dan PT. Insight Investments Management. Mereka berkomitmen untuk terus menebar inspirasi dan berbagi manfaat kepada masyarakat luas.  

Salam Inspirasi!

Narahubung (Kontak Resmi 0857-1406-2808 atau 0858-9246-0624)   

 

Chrisbiantoro

Ketua Pengurus

 

Dewi Astari

Sekretaris

Hari Wahyu : Alumni Kelas Kewirausahaan Sablon Pakaian Tetap Gigih Merawat Harapan Ditengah Pandemi Covid 19