Noval Prakoso: Alumni Barista Jadikan Keterbatasan Motivasi Spirit Untuk Bangkit

Home/Program Unggulan/Pemberdayaan Masyarakat/Noval Prakoso: Alumni Barista Jadikan Keterbatasan Motivasi Spirit Untuk Bangkit

Noval Prakoso: Alumni Barista Jadikan Keterbatasan Motivasi Spirit Untuk Bangkit

Selaras dengan agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) nomor 1 tentang mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk dan nomor 8 yaitu mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif berkelanjutan serta tenaga kerja yang produktif dan layak, Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) dan PT Insight Invesments Management terus berupaya berkontribusi membantu masyarakat yang membutuhkan agar berdaya.

Salah satu program unggulan adalah dengan memberikan pelatihan Kewirausahaan Sosial Keterampilan Barista Kopi bagi masyarakat pra sejahtera. Noval Prakoso, biasa dipanggil Noval merupakan alumni pelatihan tersebut.

Berjuang dari Keterbatasan

Noval sendiri adalah pemuda usia 21 tahun asli Bekasi Jawa Barat. Anak bungsu dari ketiga bersaudara dari kalangan keluarga pra sejahtera. Orang tuanya tidak bekerja lagi karena pensiun. Alhasil, ketika ia lulus SMA pada tahun 2019, ia mengurungkan niat untuk langsung kuliah dan menganggur.

Namun, waktu waktu kosong tersebut ia isi dengan aktivitas positif yaitu dengan mengikuti berbagai kursus seperti bahasa inggris dan barista kopi untuk menambah keterampilan sambil mencari peluang untuk menyambung hidup.

Akhirnya, pada tahun 2020, ia terpilih menjadi salah satu peserta pelatihan kewirausahaan keterampilan barista kopi yang diselenggarakan YIIM. Kesempatan tersebut ia manfaatkan dengan maksimal, hingga memotivasi dia untuk membuka kedai kopi.

Tekad Yang Membuahkan Hasil

Bersama 3 (tiga) orang temannya yang lain membuka memberanikan diri membuka coffee shop yang ia namai kedai kopi “Doctor Brewes  Coffee” di Kabupaten Bekasi sejak Desember tahun 2020.

Ia mampu mendapatkan pemasukan omzet kotor per bulan sekitar 20-30 juta rupiah dengan mempekerjakan 2 orang karyawan, sambil dia membantu menjadi barista di kedai miliknya.

Tak hanya itu, ketekunan dan keuletannya juga mengantarkan ia mendapatkan beasiswa kuliah di perguruan tinggi swasta Jakarta Global University mengambil jurusan teknik elektro. Saat ini ia berstatus mahasiswa semester 3.

Kuliah sambil membuka usaha mandiri kedai kopi saat ini ia jalani dengan tekad untuk merubah nasib dirinya dan ekonomi keluarga.

Oh iya, bagi temen-temen yang pengen mantengin menu-menu dan mencoba kopi bikinan kedai kopi “Doctor Brewes Coffee” dapat langsung dateng ke alamat Jl Bosih Raya No 263, RT 04/ RW 13, Wanasari, Kec. Cibitung, Kabupaten Bekasi Atau juga bisa pantengin akun Ig @doctorbrewescoffee

 

Narahubung (Kontak Resmi 0857-1406-2808 atau 0858-9246-0624)   

 

Chrisbiantoro

Ketua Pengurus

 

Dewi Astari

Sekretaris

Noval Prakoso: Alumni Barista Jadikan Keterbatasan Motivasi Spirit Untuk Bangkit