Perwakilan UNODC Berkunjung ke Kantor YIIM Melihat dan Bertukar Pengalaman Pemberdayaan Kewirausahaan Warga Binaan Pemasyarakatan

Home/Program Unggulan/Pemberdayaan Masyarakat/Perwakilan UNODC Berkunjung ke Kantor YIIM Melihat dan Bertukar Pengalaman Pemberdayaan Kewirausahaan Warga Binaan Pemasyarakatan

Perwakilan UNODC Berkunjung ke Kantor YIIM Melihat dan Bertukar Pengalaman Pemberdayaan Kewirausahaan Warga Binaan Pemasyarakatan

Jakarta – Pada hari Kamis 13 Januari 2022  Collie F. Brown selaku UNODC Indonesia Country Manager and Liaison to ASEAN, melakukan kunjungan ke kantor Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun dalam rangka berdiskusi dan melihat proses pemberdayaan ekonomi kewirausahaan untuk warga binaan pemasyarakatan yang telah di jalankan oleh Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) sejak tahun 2018. Beliau juga mengajak jajaran staff UNODC lainnya, antara lain Avezia Ariane dan Kristian Patrasio.

Dari pihak Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun hadir Chrisbiantoro selaku Ketua Pengurus Yayasan beserta jajaran staf Yayasan dan para alumni pelatihan kewirausahaan sosial dari eks warga binaan pemasyarakatan yang merupakan klien dari Balai Pemasyarakatan (BAPAS Jakarta Pusat) yang sukses berwirausaha dan berkarier di bidangnya. Dari jajaran staf Yayasan yang hadir antara lain Achmad Fanani Rosyidi dan Ratih Puspita.

Para alumni pelatihan yang hadir antara lain Alpijar Ramadhani (alumni pelatihan barista 2020/pemilik dari usaha depan roemah coffee), Bambang Purbowo (alumni pelatihan barista 2020/pemilik dari usaha Kopi Bali Lore), Gusti Darmawan (alumni pelatihan barber/barberman di Barbershop Inspirasi), dan Humam Hasan (alumni pelatihan barista 2018/kepala bar Kedai Kopi Inspirasi).

Dalam kunjungan tersebut, Bapak Collie meninjau tempat barbershop inspirasi yang kebetulan berada di lantai 2 gedung kantor Yayasan serta kedai kopi inspirasi yang berada di lantai sambil mencicipi kopi buatan alumni barista dari eks warga binaan.

Sambil duduk santai ditemani oleh tuan rumah, Bapak Collie menyampaikan “Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Chrisbiantoro atas sambutan dan jamuan yang hangat. Setelah berkeliling meninjau barbershop inspirasi dan kedai kopi inspirasi, saya melihat YIIM memiliki potensi besar ke depan dan program-program kewirausahaan yang sangat menginspirasi. Kebetulan kami saat ini juga sedang mendampingi eks napi teroris di Malang yang hampir serupa dengan program yang dijalankan oleh YIIM. Semoga dengan pertemuan ini kita dapat menghasilkan kerjasama yang bermanfaat”.

Bapak Chrisbiantoro juga menyampaikan “Kami ucapkan terima kasih dan merasa terhormat atas kunjungan bapak Collie Brown selaku pimpinan UNODC di kantor kami. Tentunya program-program yang kami laksanakan selalu berpijak dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yang telah dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa. Semoga dengan silahturahmi ini tercipta rencana tindak lanjut yang bermanfaat.”.

Dalam pertemuan ini, YIIM dengan UNODC menghasilkan sebuah rencana kegiatan untuk menyelenggarakan program pelatihan kewirausahaan sosial softskill maupun hardskill bagi para eks napi teroris.

Sebelumnya, YIIM pernah mengadakan kegiatan bersama dengan UNODC dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban Republik Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan Sosial keterampilan Barista Kopi dan Frozen Food bagi penyintas korban tindak pidana terorisme baik secara online maupun offline pada tanggal 9-11 Desember dan 15-17 Desember 2021, dengan total peserta berjumlah 42 orang yang berasal dari Bali, Poso, Palu, Surabaya, Malang, dan Purwakarta.

Dimana program tersebut selaras dan senafas dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) nomor 1, 2, 8, 10, 16 dan 17 yang telah dicanangkan oleh pemerintah menjadi Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Narahubung (Kontak Resmi 0857-1406-2808 atau 0858-9246-0624)   

 

Chrisbiantoro

Ketua Pengurus

 

Dewi Astari

Sekretaris

Perwakilan UNODC Berkunjung ke Kantor YIIM Melihat dan Bertukar Pengalaman Pemberdayaan Kewirausahaan Warga Binaan Pemasyarakatan