Loading...
Aksi Peduli Kemanusiaan YIIM dan INSIGHT untuk Masyarakat dan Pekerja Informal Terdampak Virus Corona2020-04-03T06:27:49+00:00

Project Description

Aksi Peduli Kemanusiaan YIIM dan INSIGHT untuk Masyarakat dan Pekerja Informal Terdampak Virus Corona

Publised 10 Januari 2020

Pada tanggal 1 dan 2 April 2020, Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) bersama mitra utama Insight Investment Management, kembali menggelar aksi kemanusiaan penanggulangan virus Corona (pandemi Covid 19) berupa pembagian nasi bungkus dan paket sembako untuk masyarakat dan pekerja informal diwilayah Jakarta dan sekitarnya.

Sebelumnya, pada tanggal 24 Maret 2020, YIIM juga telah bekerjasama dengan BAZNAS dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk melakukan penyemprotan cairan disinfectant ditempat umum dan rumah ibadah di Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan ini, YIIM dan INSIGHT menggelar aksi kemanusiaan berupa pembagian sebanyak 300 paket nasi bungkus dan 100 paket sembako (sembilan kebutuhan pokok)  untuk masyarakat dan pekerja informal.

Aksi ini mengambil tema “Anda Tidak Sendirian! Mari Tebarkan Inspirasi dan Kebajikan Pada Sesama Melawan Virus Corona.”

Aksi peduli kemanusiaan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dan pekerja informal  akibat pandemi Covid 19 yang sedikit banyak berdampak pada mata pencaharian dan penghasilan masyarakat kecil dan pekerja informal yang rata-rata bergantung pada upah dan penghasilan harian.

Untuk itu, YIIM dan INSIGHT mencoba berkontribusi menjaga ketahanan ekonomi mikro, meski dalam skala yang terbatas, yaitu dengan memesan nasi bungkus dari warung-warung nasi kecil sederhana dengan layanan ojeg online dan kemudian dibagikan kepada masyarakat kecil seperti tukang parkir, pengamen dan para pekerja informal seperti pedagang kaki lima. Selain itu, nasi bungkus juga dibagikan kepada tuna wisma dan pemulung.

Pembagian nasi bungkus dilakukan dibeberapa tempat di Jakarta dan sekitarnya antara lain di wilayah Tanah Abang, Duren Sawit, Cengkareng, Depok, Citayam dan Tangerang Selatan.

Sementara itu, pembagian paket sembako dilakukan bekerjasama dengan perangkat pengurus Rukun Tetangga (RT) di wilayah Duren Sawit Jakarta Timur, Tanah Abang Jakarta Pusat, Citayam dan Depok Beji. (Untuk penerima paket sembako dapat dilihat disini)

Dewi Astari, Direktur Program dan Kelembagaan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun, terkait aksi kemanusiaan ini menyampaikan “Kami melakukan aksi ini untuk memberikan inspirasi dan menebar kebajikan pada sesama, agar masyarakat kecil dan para pekerja informal tetap kuat menghadapi pandemi Covid 19.”

Dewi menambahkan “Meski tidak banyak yang kami berikan, tapi kami meyakini sedikit banyak yang kami lakukan akan membantu ketahanan ekonomi mikro, sebab dengan belanja di warung kecil, memesan makanan dan mengantar makanan melalui ojeg online secara tidak langsung ekonomi bergeliat. Semoga makin banyak yang peduli.”

Sementara itu, perwakilan INSIGHT, Suluh T Rahardjo menyampaikan “Kami berharap pandemi Covid 19 segera berakhir dan ekonomi segera pulih, semoga apa yang kami lakukan dapat menginspirasi banyak kalangan untuk menggairahkan ekonomi meski virus corona masih mewabah. Kita harus gotong royong.”

Aksi kemanusiaan ini merupakan salah satu manifestasi dari empat program besar YIIM selaku lembaga nirlaba, yaitu program sosial dan kemanusiaan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi dan penghijauah lingkungan.

YIIM sebagai salah satu komponen bangsa, terpanggil untuk bersama-sama bersinergi dengan komponen bangsa lainnya untuk menanggulangi Pandemi Covid 19 yang penularannya semakin meningkat.

Gotong royong menanggulangi virus Corona selaras dengan rencana aksi global yang tertuang dalam Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tertanggal 25 September 2015 tentang program Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) khususnya tujuan ke 3 tentang memastikan kehidupan yang sehat.

Selain itu, gotong royong dibidang kesehatan juga berkesesuaian dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pemberdayaann Masyarakat Bidang Kesehatan, khususnya Pasal 3 yang menyebutkan peningkatan kemitraan dan partisipasi lintas sektor, lembaga kemasyarakatan, organisasi kemasyarakatan, dan swasta.

YIIM berkomitmen akan terus terlibat dan berkontribusi dalam upaya penanggulagan pandemi Covid 19 bersama komponen bangsa lainnya, semoga pandemi ini segera berakhir dan Indonesia kembali pulih.

Salam Inspirasi!

YIIM sebagai salah satu komponen bangsa, terpanggil untuk bersama-sama bersinergi dengan komponen bangsa lainnya untuk menanggulangi Pandemi Covid 19 yang penularannya semakin meningkat.