Loading...
YIIM dan INSIGHT Salurkan Bantuan Untuk Tenaga Medis dan Masyarakat Terdampak Covid 192020-04-11T09:33:41+00:00

Project Description

YIIM dan INSIGHT Salurkan Bantuan Untuk Tenaga Medis dan Masyarakat Terdampak Covid 19

Publised 11 April 2020

Pada tanggal 10 April 2020 Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) dan PT. Insight Investments Management kembali menyalurkan bantuan penanggulangan virus corona (pandemi Covid 19).

Kali ini, bantuan yang diberikan adalah 1000 (seribu) Alat Pelindung Diri (APD) yang diberikan melalui CT. ARSA Foundation di Gedung Transcorp, Jalan Kapten Tendean Kav. 14-16A, Mampang, Jakarta Selatan. Bantuan APD tersebut akan disalurkan ke beberapa rumah sakit rujukan di Jakarta, diantaranya Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, RSPI Sulianti Saroso, RS Sumber Waras, RS Pusat Otak Nasional dan RSUP Persahabatan.

Selain itu, YIIM dan Insight juga telah menyalurkan bantuan tunai untuk pengadaan APD melalui Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) senilai Rp. 100.000.000, – (seratus juta rupiah).

Bantuan lain yang juga disalurkan adalah 120 nasi box untuk relawan dan 100 kaos untuk pakaian ganti relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan.

Kemudian pengadaan 5000 masker kain yang dipesan melalui penjahit UMKM dan akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu dan pekerja informal.

Ditambah dengan 280 paket nasi bungkus dan 120 paket sembako dan vitamin C untuk masyarakat dan pekerja informal terdampak corona yang akan dibagikan dibeberapa wilayah antara lain Jagakarsa, Margonda Depok, Pasar Senen, Benhil, Karet, Palmerah, Rawasari, Cempaka Putih, Tanjung Priok dan Pasar Kosambi.

Chrisbiantoro, Ketua Pengurus YIIM dalam pesan tertulis kepada media menyampaikan “Kami berharap bantuan yang kami berikan bermanfaat bagi para tenaga medis khususnya yang digaris depan, serta masyarakat terdampak pada umumnya.”

Chris menambahkan “Kami optimis kalau seluruh komponen bangsa bergotong royong, semoga Covid 19 segera berakhir.”

Sementara itu, Insight Investments Management juga menyampaikan harapan agar semua komponen bangsa bahu membahu melawan Covid 19.

Perwakilan Insight Investments Management, Suluh T Rahardjo menyampaikan “bantuan ini merupakan wujud komitmen kami untuk bersama-sama dengan komponen bangsa lainnya menanggulangi Covid 19.”

Rangkaian pemberian bantuan ini, merupakan kelanjutan dari paket bantuan sebelumnya yang telah disalurkan oleh YIIM dan Insight yaitu pada 24 Maret 2020 memberikan bantuan pengadaan disinfectant melalui PMI Jakarta Selatan dan BAZNAS untuk penyemprotan tempat ibadah dan fasilitas umum.

Kemudian pada 1 dan 2 April 2020, YIIM dan Insight kembali menyalurkan bantuan berupa pembagian 300 nasi bungkus dan 100 paket sembako untuk masyarakat dan pekerja informal terdampak virus corona di beberapa wilayah Jakarta, Bekasi dan Depok.

Rangkaian pemberian bantuan tersebut merupakan bagian dari komitmen YIIM dan Insight Investments Management untuk turut berkontribusi dan gotong royong bersama seluruh komponen bangsa untuk menanggulangi Covid 19, mengingat korban yang terkena virus corona terus bertambah.

Hingga 10 April 2020, di Indonesia tercatat jumlah kasus positif corona mencapai 3.512 orang, 306 orang meninggal dunia dan 282 orang sembuh. Dan sejak 6 April 2020 tercatat sebanyak 30 orang tenaga medis yang merawat pasien corona meninggal dunia.

Melihat situasi tersebut, YIIM dan Insight bersinergi dengan pemerintah dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menyalurkan paket bantuan tersebut untuk membantu tenaga medis, relawan dan meringankan beban masyarakat.

Gotong royong menanggulangi virus Corona selaras dengan rencana aksi global yang tertuang dalam Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tertanggal 25 September 2015 tentang program Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) khususnya tujuan ke 3 tentang memastikan kehidupan yang sehat.

Selain itu, gotong royong juga selaras dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pemberdayaann Masyarakat Bidang Kesehatan, khususnya Pasal 3 yang menyebutkan peningkatan kemitraan dan partisipasi lintas sektor, lembaga kemasyarakatan, organisasi kemasyarakatan, dan swasta.

YIIM selaku lembaga nirlaba akan terus berkomitmen akan terus terlibat dan berkontribusi dalam upaya penanggulagan pandemi Covid 19 bersama komponen bangsa lainnya, semoga pandemi ini segera berakhir dan Indonesia kembali pulih.

Salam Inspirasi!

Kali ini, bantuan yang diberikan adalah 1000 (seribu) Alat Pelindung Diri (APD) yang diberikan melalui CT. ARSA Foundation di Gedung Transcorp, Jalan Kapten Tendean Kav. 14-16A, Mampang, Jakarta Selatan. Bantuan APD tersebut akan disalurkan ke beberapa rumah sakit rujukan di Jakarta, diantaranya Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, RSPI Sulianti Saroso, RS Sumber Waras, RS Pusat Otak Nasional dan RSUP Persahabatan.