Loading...
Pelatihan Barista Batch 2 Tahun 2020: Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid 192020-08-12T12:49:20+00:00

Project Description

Pelatihan Barista Batch 2 Tahun 2020: Memberdayakan Ekonomi Masyarakat
Terdampak Covid 19

Publised 12 Agustus 2020

Pada tanggal 3 Agustus 2020 sampai dengan 8 Agustus 2020, Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) kembali menyelenggarakan pemberdayaan ekonomi masyarakat berupa pelatihan barista kopi. 

Acara ini kembali didukung oleh PT. Insight Investments Management, sebuah perusahaan manajer investasi yang memiliki kepedulian tinggi terhadap masalah sosial dan kemanusiaan. 

Pelatihan ditengah pandemi covid 19 dilakukan dengan tujuan utama untuk meringankan beban masyarakat terdampat covid 19 dan untuk menggairahkan ekonomi masyarakat serta sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

YIIM dan PT. Insight Investments Management bersinergi untuk terus mencetak wirausahawan yang diharapkan semakin menggairahkan sektor UMKM. 

Pelatihan ini diselenggarakan di kantor YIIM yang beralamat di Gran  Wijaya Centre Blok F/62B Jakarta Selatan. Peserta dibagi dalam dua kelompok, untuk kelompok pertama terdiri dari 6 (enam) peserta mengikuti sessi pelatihan dari tanggal 3-5 Agustus 2020 dan untuk kelompok kedua terdiri dari 6 (enam) orang dilaksanakan pada tanggal 6-8 Agustus 2020. 

Dalam pelatihan ini, seluruh peserta dan pelatih mengikuti protokol kesehatan berupa rapid test, menggunakan masker, sarung tangan, jaga jarak dan mencuci tangan setiap 20 menit difasilitas cuci tangan yang telah disediakan oleh panitia. 

Selama 3 (tiga) hari mengikuti pelatihan, peserta yang terdiri dari dua kelompok mengikuti seluruh sessi teori dan praktik. Dalam sessi teori, peserta belajar mengenal jenis-jenis kopi, peralatan barista serta hospitality menjadi seorang barista. Pelatih juga membagikan materi tertulis yang dapat dipelajari oleh para peserta. 

Selanjutnya, peserta selama dua hari masing-masing kelompok melakukan praktik menyajikan beragam varian kopi. Tim pelatih juga meminta peserta untuk mencicipi kopi yang disajikan agar peserta dapat membedakan kualitas kopi yang disajikan.

Ketua Pengurus YIIM, Chrisbiantoro dalam sambutan acara pelatihan menyampaikan agar seluruh peserta mengikuti seluruh sessi pelatihan dengan sungguh-sungguh. 

Chris menyampaikan “Tolong jangan lewatkan satu sessi pun dalam pelatihan ini, belajar sebaik-baiknya, karena setiap sessi sangat penting. Manfaatkan pelatihan gratis ini agar kalian semua bisa menjadi wirausahawan kopi yang handal dan dapat menginspirasi yang lain.”

YIIM dan PT. Insight sama sekali tidak memungut biaya kepada para peserta sehingga kesempatan ini harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para peserta. 

Setelah pelatihan ini, YIIM dan tim pelatih akan melakukan seleksi seluruh peserta untuk menentukan siapa saja yang dapat berlanjut pada tahap magang yang rencananya akan dilaksanakan selama 2 bulan di kafe kopi inspirasi di Kantor YIIM.

Salam Inspirasi!

Chris menyampaikan “Tolong jangan lewatkan satu sessi pun dalam pelatihan ini, belajar sebaik-baiknya, karena setiap sessi sangat penting. Manfaatkan pelatihan gratis ini agar kalian semua bisa menjadi wirausahawan kopi yang handal dan dapat menginspirasi yang lain.”