Loading...
YIIM Kembali Selenggarakan Pelatihan Sablon Pakaian Untuk Berdayakan Masyarakat Terdampak Covid 192020-08-23T06:46:58+00:00

Project Description

YIIM Kembali Selenggarakan Pelatihan Sablon Pakaian Untuk Berdayakan Masyarakat Terdampak Covid 19

Publised 23 Oktober 2020

Pada tanggal 18,19 dan 20 Agustus 2020, Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) kembali menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan sosial untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid 19. Dalam kesempatan ini, YIIM mengelenggarakan pelatihan sablon pakaian yang bertempat di Balai Pemasyarakatan Jakarta Pusat, Jalan Percetakan Negara VIII, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

Pelatihan ini diselenggarakan berkat kerjasama dengan PT. Insight Investments Management, sebuah perusahaan manajer investasi yang memiliki kepedulian terhadap masalah sosial dan kemanusiaan, serta didukung oleh Balai Pemasyarakatan Jakarta Pusat selaku institusi dibawah Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Ditahun 2020, pelatihan ini merupakan Batch 2 (dua) kelompok 2 (dua) karena sebelum ini, YIIM dan Insight telah menyelenggarakan pelatihan Sablon pakaian untuk Batch 2 kelompok 1 (satu)  pada tanggal 28, 29 dan 30 Juli 2020. Untuk informasi tentang pelatihan Batch 2 kelompok satu dapat diakses di sini.

Peserta kelompok 2 terdiri dari 6 orang, yang terdiri dari warga pemasyarakatan, masyarakat pra sejahtera, buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan pekerja serabutan. Selama pelatihan, para peserta dan pelatih mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, faceshield, menjaga jarak, mencuci tangan dan saling mengingatkan untuk mencuci tangan setiap 20 menit sekali untuk mencegah penularan Covid 19.

Pelatih yang dipimpin oleh Fadjar Rizki mengajarkan kepada para peserta selama 3 hari berupa tehni afdruk, pencampuran cat, gambaran dunia usaha sablon pakaian dan selebihnya selama 2 hari peserta melakukan praktik mencetak sablon pakaian dengan aneka motif dan tehnik.

Perwakilan PT. Insight Investments Management, Budy Cahaya mengatakan “Pelatihan ini diharapkan dapat menggairahkan sektor UMKM, semoga masyarakat terdampak Covid 19 bisa bangkit, tetap sehat dan produktif.”

Setelah pelatihan ini, pelatih akan membimbing para peserta untuk dapat terus berlatih tehni sablon hingga mandiri, selain itu bagi yang memenuhi syarat akan diberikan bantuan peralatan hibah untuk membuka wirausaha sablon pakaian.

Salam Inspirasi!

Perwakilan PT. Insight Investments Management, Budy Cahaya mengatakan “Pelatihan ini diharapkan dapat menggairahkan sektor UMKM, semoga masyarakat terdampak Covid 19 bisa bangkit, tetap sehat dan produktif.”